TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
‘Analisa Website Pada Perusahaan Lazada Indonesia’
Disusun Oleh :
Nur Asmawati Fajriani Azis (15115171)
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem
Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah
dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik. Penulisan makalah ini tentang “Analisa Website Pada Perusahaan
Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) ” yang merupakan tugas individu dari mata
kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi yang diajarkan oleh Ibu Yuli
Maharetta Arianti pada semester 4 pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem
Informasi Universitas Gunadarma. Keberhasilan ini tidak lepas dari bantuan
berbagai pihak.
Pada
kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Yuli Maharetta
Arianti selaku dosen pengajar, teman-teman dan semua pihak yang telah
memberikan saran dan bantuan selama menyelesaikan tugas ini.
Saya
menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam menyelesaikan makalah
ini baik dari segi materi maupun penyajiannya, untuk itu saran serta kritikan yang
membangun dari dosen dan teman-teman sangat diharapkan guna perbaikan
makalah ini. Akhir kata penulis berharap
semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada
khususnya.
Depok, 6 Maret 2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sekarang ini web telah begitu populer
diberbagai kalangan di masyarakat, karena mereka menggunakan web sebagai media
untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari. Website dibangun dengan
berbagai fungsi dan berbagai kebutuhan sesuai dengan kepentingan atau keinginan
yang membuatnya. Karena peranan website sangat penting, maka dalam membangun
sebuah website harus memperhatikan beberapa faktor yaitu : usability, user
experience, dan user interface. Tujuan
utama dalam pembuatan website adalah menyebarkan informasi, oleh karena itu
sebuah website harus dapat diakses oleh pengguna.
Faktor usability dan utility merupakan faktor
penting pada sebuah website. Usability merupakan sebuah atribut yang menilai
tingkat kemudahan user interface untuk digunakan oleh pengguna. Sedangkan
utility adalah kemampuan sebuah website untuk memberikan manfaat atau kegunaan
atau kepuasan kepada pengguna. Mengapa kedua faktor tersebut sangat penting
dalam membangun sebuah website ?? Karena jika sebuah website sulit digunakan,
jika sebuah website tidak berisikan tentang informasi yang dicari oleh user,
jika sebuah website tidak menuntun user untuk melakukan apa yang harus user
lakukan, dan jika user tersesat pada sebuah website yang user kunjungi, maka
pilihan terbaik user adalah dengan mengklik tanda close [X] atau keluar dari
website tersebut.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
faktor-faktor yang telah kami uraikan
diatas, kami akan melakukan analisis
terhadap situs www.lazada.co.id
1.3 Tujuan
Pembuatan Makalah
Tujuan
dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Manajemen Layanan Sistem
Informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Website
Lazada Indonesia
Lazada
merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat
Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada Indonesia merupakan
perusahaan yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala
jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga
produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah
disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan
kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik.
Tujuan
dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang terbaik dan
utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal,
memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen
dalam memilih-milih produk online.
Karyawan
yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa
kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan
di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian
pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secara maksimal.
2.2 User
Interface
Tampilan lazada.co.id terbilang familiar karena dengan desain logonya dan tampilan website
yang terlihat sederhana sehingga mudah dikenali oleh user lainnya.
Halaman depan pada lazada.co.id menampilkan promo dan
produk, ketika pelanggan mengunjungi website lazada.co.id akan langsung
dihadapkan pada promo – promo menarik yang sedang berlangsung, ketika kursor di
scroll ke bawah maka akan muncul tampilan berbagai produk menarik yang tersusun
dalam masing – masing kategori. Yang menarik pada halaman depan lazada.co.id
adalah penempatan produk yang berada di dalam sebuah layout, setiap layout
memiliki kategori masing - masing yang berisi sub kategori yang berada di
samping kiri dan highlight produk di sebelah kanan.
Pada halaman kategori produk lazada.co.id menampilkan
seluruh seri produk, setiap produk pada halaman ini menampilkan gambar produk,
nama produk, harga, serta diskon. Pelanggan juga bisa membeli poduk pada
halaman ini langsung tanpa melihat lebih detail terlebih dahulu dengan mengklik
“Beli Sekarang” yang ada pada bagian bawah produk tersebut.
Halaman lengkap atau detail page produk yang ada pada
lazada.co.id sangat user friendly dengan menampilkan gambar produk, detail
produk, pilihan produk, dan spesifikasi produk. Bagian bawah dari halaman ini
terdapat rekomendasi produk, tetapi menurut saya rekomendasi produk yang ada di
halaman ini kurang interaktif, karena tidak berkaitan dengan produk yang ada
pada halaman tersebut.
Header pada lazada.co.id sangat familiar dengan sebagian marketplace di
Indonesia. Terdapat dua header yang ada pada lazada.co.id, navigation header,
dan main header. Navigation header terdapat menu customer care, status order,
login, dan daftar. Sedangkan pada main header terdapat logo lazada di sebelah
kanan, kotak pencarian di tengah, dan keranjang belanja di sebelah kiri. Jika
sedang berada pada halaman detail produk, main header ini terdapat menu
dropdown yang berfungsi sebagai akses cepat untuk menuju ke berbagai kategori,
di sebelah kiri menu dropdown juga terdapat breadcrumb atau navigasi menu.
Pada bagian footer lazada.co.id menampilkan menu yang memuat seluruh
informasi perusahaan, dan layanan pelanggan yang diberikan.
Kekurangan pada sisi interface lazada.co.id yaitu template websitenya
kurang responsif, sehingga ketika pelanggan dengan menggunakan pc yang memiliki
ukuran monitor kurang dari 14 inch hanya dapat melihat website pada sisi kiri
saja.
2.3 Kelebihan
Lazada
+ Pelayanan
yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara
lain:
+ Menyediakan
produk premium dengan delapan kategori : elektonik- komputer, perlengkapan
& peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi & mainan anak, produk
kesehatan & kecantikan, perlengkapan travelling & olahraga, fashion
pria, serta fashion wanita. Untuk elektronik, Lazada menyediakan HAndphone & Tablet, Komputer
& Laptop, Kamera dan
TV, A/V, Gaming & Wearables hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi
peralatan elektronik konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk keperluan
rumah tangga yang dapat ditemukan pada kategori perlengkapan & peralatan
rumah tangga serta menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan
kesayangan. Selain itu apabila konsumen ingin piknik ke pantai atau hanya di
halaman rumah, Lazada menyediakan berbagai perlengkapan untuk keperluan
aktifitas luar ruangan. Lazada juga memiliki berbagai pilihan peralatan
pencahayaan, peralatan dapur, alat – alat untuk mengecat rumah dan masih banyak
lagi. Lazada juga menawarkan produk untuk si buah hati mulai dari mainan
anak-anak, meja dan kursi untuk bermain, matras hingga tempat tidur bahkan
popok bayi sekalipun. Selain itu konsumen dapat menemukan berbagai peralatan
make-up serta produk kesehatan & kecantikan disini. Bagi pelanggan yang
memiliki hobi travelling, temukan juga pilihan perlengkapan travelling dan
backpacks.
+ Lazada
menawarkan discount dan harga yang menarik. Lazada sangat fokus dalam
menyediakan berbagai produk dengan harga spesial. Lazada juga menawarkan dengan
harga yang kompetitif dibandingkan retailer lainnya.
+ Lazada
menerima pembayaran dengan uang tunai, kredit maupun debit.
+ Ongkos
kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena
cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan
kemudahan bagi para pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke
jabodetabek dengan ketentuan berat barang maksimal 6 kg dan tentunya ini cukup
bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang
ongkos kirim gratis. Layanan antar gratis di wilayah jabodetabek menggandeng
Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan
founder Go-Jek.
+ Website
yang user friendly. Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan
dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka
memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup
mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam
website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk
unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan
direkomendasikan.
+ Bisa COD
(Cash On Delivery). Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan
seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat
melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga
terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta sebab
saat saya pesan barang untuk di Bandung tidak ada fasilitas COD.
+ Pengiriman
Barang Cepat. Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang dibeli bisa cepat
sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, oleh karena itu Lazada
menyediakan pelayanan yang cepat dan ekslusif setelah pembayaran diterima dengan
menggunakan kurir yang professional. Pengalaman saya adalah saat membeli salah
satu produk lazada, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 13
september 2016 kemudian pada tanggal 14 september
2016 pukul 4 sore barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.
+ Jaminam
pengembalian barang. Pengembailian barang yang dimaksud biasnya berupa barang
yang cacat atau rusak selama pegiriman, dan juga jika barang masih tersedia
maka dikirim dengan barang yang sama, tetapi jika sudah habis maka akan diganti
dengan voucer belanja barang lazada, atau kembali dalam bentuk uang.
+ Customer
service. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi customer service untuk menanyakan
perihal produk terkait melalui Email : support@lazada.co.id
atau Telepon : (021) 80630200 pada waktu yang telah ditetapkan seperti, Senin-Jumat:
9am - 8pm & Akhir pekan dan hari libur: 9am - 5pm.
2.4 Kekurangan
Lazada
- Pelayanan
atau respon dari beberapa seller untuk menanyakan stok produk atau produk yang
bersangkutan lama. Bahkan sering kali tidak ada jawaban dari seller yang
menjual produk itu.
- Pengupdate-an
barang lama. Apabila stok barang habis, penambahan untuk stok barang baru di lazadanya
itu butuh waktu yang sangat lama agar pelanggan bisa membeli barang kembali
sesuai yang dibutuhkannya.
- Konfirmasi
Pembayaran Cukup Lama. Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan
kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak
lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh
pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 11an pagi dan baru
menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 5 sore tentu ini waktu yang
lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu
lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk
mendapatkan konfirmasi.
- Fasilitas
COD masih belum bisa dibanyak kota. Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus
untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan
sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD, mungkin untuk lebih
memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD
di setiap kota bisa diterapkan.
- Ongkos
kirim mahal. Normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya
sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk
kategori yang sama.
- Produk
yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. Padahal jika dibandingkan dengan toko offline
sebut saja Sport Station (untuk kategori sepatu), kualitas bahan masih
dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja
dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain
masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa
dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.
- Proses
pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh
pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti
pembeli harus membayar 2 x ongkir.
BAB III
KESIMPULAN
dan SARAN
Kesimpulan
Setiap web e-commerce memiliki fitur –
fitur atau kelebihan tersendiri yang bisa membuat web e-commerce itu lebih
unggul dari yang lainnya. Dengan desain yang sederhana dan proses yang mudah merupakan
salah satu daya tarik bagi banyak user untuk mengunjungi web e-commerce itu
sendiri.
Saran
Untuk pelayanan-pelayanan yang masih
kurang tolong lebih ditingkatkan lagi agar banyak user yang lebih percaya dan
yakin untuk berbelanja di web e-commerce ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Maaf sebelumny saya ingin bertanya.. .
BalasHapusApakah lazada sedang memberikan hadiah kepada custemornya ?