Langsung ke konten utama

ANALISA WEBSITE LAZADA INDONESIA



TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

‘Analisa Website Pada Perusahaan Lazada Indonesia’

Disusun Oleh :

Nur Asmawati Fajriani Azis (15115171)

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA





KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Penulisan makalah ini tentang “Analisa Website Pada Perusahaan Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) ” yang merupakan tugas individu dari mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi yang diajarkan oleh Ibu Yuli Maharetta Arianti pada semester 4 pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Keberhasilan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.

Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Yuli Maharetta Arianti selaku dosen pengajar, teman-teman dan semua pihak yang telah memberikan saran dan bantuan selama menyelesaikan tugas ini.

Saya menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam menyelesaikan makalah ini baik dari segi materi maupun penyajiannya, untuk itu saran serta kritikan yang membangun dari dosen dan teman-teman sangat diharapkan guna perbaikan makalah  ini. Akhir kata penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.



Depok, 6   Maret 2017









BAB I

PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Sekarang ini web telah begitu populer diberbagai kalangan di masyarakat, karena mereka menggunakan web sebagai media untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari. Website dibangun dengan berbagai fungsi dan berbagai kebutuhan sesuai dengan kepentingan atau keinginan yang membuatnya. Karena peranan website sangat penting, maka dalam membangun sebuah website harus memperhatikan beberapa faktor yaitu : usability, user experience, dan user interface. Tujuan utama dalam pembuatan website adalah menyebarkan informasi, oleh karena itu sebuah website harus dapat diakses oleh pengguna.

Faktor usability dan utility merupakan faktor penting pada sebuah website. Usability merupakan sebuah atribut yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan oleh pengguna. Sedangkan utility adalah kemampuan sebuah website untuk memberikan manfaat atau kegunaan atau kepuasan kepada pengguna. Mengapa kedua faktor tersebut sangat penting dalam membangun sebuah website ?? Karena jika sebuah website sulit digunakan, jika sebuah website tidak berisikan tentang informasi yang dicari oleh user, jika sebuah website tidak menuntun user untuk melakukan apa yang harus user lakukan, dan jika user tersesat pada sebuah website yang user kunjungi, maka pilihan terbaik user adalah dengan mengklik tanda close [X] atau keluar dari website tersebut.

1.2         Rumusan Masalah

Berdasarkan faktor-faktor  yang telah kami uraikan diatas,  kami akan melakukan analisis terhadap situs www.lazada.co.id

1.3         Tujuan Pembuatan Makalah

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Manajemen Layanan Sistem Informasi.





BAB II

PEMBAHASAN

2.1         Website Lazada Indonesia

Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada Indonesia merupakan perusahaan yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik.

Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang terbaik dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.

Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secara maksimal.





2.2         User Interface


Tampilan lazada.co.id terbilang familiar karena dengan desain logonya dan tampilan website yang terlihat sederhana sehingga mudah dikenali oleh user lainnya.

Halaman depan pada lazada.co.id menampilkan promo dan produk, ketika pelanggan mengunjungi website lazada.co.id akan langsung dihadapkan pada promo – promo menarik yang sedang berlangsung, ketika kursor di scroll ke bawah maka akan muncul tampilan berbagai produk menarik yang tersusun dalam masing – masing kategori. Yang menarik pada halaman depan lazada.co.id adalah penempatan produk yang berada di dalam sebuah layout, setiap layout memiliki kategori masing - masing yang  berisi sub kategori yang berada di samping kiri dan highlight produk di sebelah kanan.

Pada halaman kategori produk lazada.co.id menampilkan seluruh seri produk, setiap produk pada halaman ini menampilkan gambar produk, nama produk, harga, serta diskon. Pelanggan juga bisa membeli poduk pada halaman ini langsung tanpa melihat lebih detail terlebih dahulu dengan mengklik “Beli Sekarang” yang ada pada bagian bawah produk tersebut.

Halaman lengkap atau detail page produk yang ada pada lazada.co.id sangat user friendly dengan menampilkan gambar produk, detail produk, pilihan produk, dan spesifikasi produk. Bagian bawah dari halaman ini terdapat rekomendasi produk, tetapi menurut saya rekomendasi produk yang ada di halaman ini kurang interaktif, karena tidak berkaitan dengan produk yang ada pada halaman tersebut.

Header pada lazada.co.id sangat familiar dengan sebagian marketplace di Indonesia. Terdapat dua header yang ada pada lazada.co.id, navigation header, dan main header. Navigation header terdapat menu customer care, status order, login, dan daftar. Sedangkan pada main header terdapat logo lazada di sebelah kanan, kotak pencarian di tengah, dan keranjang belanja di sebelah kiri. Jika sedang berada pada halaman detail produk, main header ini terdapat menu dropdown yang berfungsi sebagai akses cepat untuk menuju ke berbagai kategori, di sebelah kiri menu dropdown juga terdapat breadcrumb atau navigasi menu.

Pada bagian footer lazada.co.id menampilkan menu yang memuat seluruh informasi perusahaan, dan layanan pelanggan yang diberikan.

Kekurangan pada sisi interface lazada.co.id yaitu template websitenya kurang responsif, sehingga ketika pelanggan dengan menggunakan pc yang memiliki ukuran monitor kurang dari 14 inch hanya dapat melihat website pada sisi kiri saja.





2.3         Kelebihan Lazada

+      Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain:

+      Menyediakan produk premium dengan delapan kategori : elektonik- komputer, perlengkapan & peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi & mainan anak, produk kesehatan & kecantikan, perlengkapan travelling & olahraga, fashion pria, serta fashion wanita. Untuk elektronik, Lazada menyediakan HAndphone & Tablet, Komputer & Laptop, Kamera dan TV, A/V, Gaming & Wearables hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk keperluan rumah tangga yang dapat ditemukan pada kategori perlengkapan & peralatan rumah tangga serta menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan kesayangan. Selain itu apabila konsumen ingin piknik ke pantai atau hanya di halaman rumah, Lazada menyediakan berbagai perlengkapan untuk keperluan aktifitas luar ruangan. Lazada juga memiliki berbagai pilihan peralatan pencahayaan, peralatan dapur, alat – alat untuk mengecat rumah dan masih banyak lagi. Lazada juga menawarkan produk untuk si buah hati mulai dari mainan anak-anak, meja dan kursi untuk bermain, matras hingga tempat tidur bahkan popok bayi sekalipun. Selain itu konsumen dapat menemukan berbagai peralatan make-up serta produk kesehatan & kecantikan disini. Bagi pelanggan yang memiliki hobi travelling, temukan juga pilihan perlengkapan travelling dan backpacks.

+      Lazada menawarkan discount dan harga yang menarik. Lazada sangat fokus dalam menyediakan berbagai produk dengan harga spesial. Lazada juga menawarkan dengan harga yang kompetitif dibandingkan retailer lainnya.

+      Lazada menerima pembayaran dengan uang tunai, kredit maupun debit.

+      Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya  dengan menggratiskan ongkos kirim ke jabodetabek dengan ketentuan berat barang maksimal 6 kg dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis. Layanan antar gratis di wilayah jabodetabek menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.

+      Website yang user friendly. Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.

+      Bisa COD (Cash On Delivery). Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di Bandung tidak ada fasilitas COD.

+      Pengiriman Barang Cepat. Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang dibeli bisa cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, oleh karena itu Lazada menyediakan pelayanan yang cepat dan ekslusif setelah pembayaran diterima dengan menggunakan kurir yang professional. Pengalaman saya adalah saat membeli salah satu produk lazada, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 13 september  2016 kemudian pada tanggal 14 september 2016 pukul 4 sore barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.

+      Jaminam pengembalian barang. Pengembailian barang yang dimaksud biasnya berupa barang yang cacat atau rusak selama pegiriman, dan juga jika barang masih tersedia maka dikirim dengan barang yang sama, tetapi jika sudah habis maka akan diganti dengan voucer belanja barang lazada, atau kembali dalam bentuk uang.

+      Customer service. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi customer service untuk menanyakan perihal produk terkait melalui Email : support@lazada.co.id atau Telepon : (021) 80630200 pada waktu yang telah ditetapkan seperti, Senin-Jumat: 9am - 8pm & Akhir pekan dan hari libur: 9am - 5pm.





2.4         Kekurangan Lazada

-      Pelayanan atau respon dari beberapa seller untuk menanyakan stok produk atau produk yang bersangkutan lama. Bahkan sering kali tidak ada jawaban dari seller yang menjual produk itu.

-      Pengupdate-an barang lama. Apabila stok barang habis, penambahan untuk stok barang baru di lazadanya itu butuh waktu yang sangat lama agar pelanggan bisa membeli barang kembali sesuai yang dibutuhkannya.

-      Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama. Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi pembayaran pukul 11an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima pukul 5 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.

-      Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota. Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD, mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.

-      Ongkos kirim mahal. Normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.

-      Produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli.  Padahal jika dibandingkan dengan toko offline sebut saja Sport Station (untuk kategori sepatu), kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.

-      Proses pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.







BAB III

KESIMPULAN dan SARAN



Kesimpulan

Setiap web e-commerce memiliki fitur – fitur atau kelebihan tersendiri yang bisa membuat web e-commerce itu lebih unggul dari yang lainnya. Dengan desain yang sederhana dan proses yang mudah merupakan salah satu daya tarik bagi banyak user untuk mengunjungi web e-commerce itu sendiri.



Saran

Untuk pelayanan-pelayanan yang masih kurang tolong lebih ditingkatkan lagi agar banyak user yang lebih percaya dan yakin untuk berbelanja di web e-commerce ini.





DAFTAR PUSTAKA










Komentar

  1. Maaf sebelumny saya ingin bertanya.. .
    Apakah lazada sedang memberikan hadiah kepada custemornya ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pendek untuk Anak "Anak Kambing yang Cerdik"

Dikisahkan ada sebuah keluarga kambing yang hidup di hutan. Pada suatu ketika, ibu kambing akan pergi ke suatu tempat dan berpesan kepada anaknya untuk tidak membuka pintu untuk orang lain. Ibu kambing mengajari anaknya sebuah lagu agar si anak tidak salah mengenali. Jika ibu yang datang maka didepan pintu akan ada yang menyanyikan lagu tersebut. Tanpa mereka sangka, ada seekor serigala yang ikut mendengarkannya. Sesaat setelah ibu kambing pergi, datanglah seekor serigala yang lapar itu. Ia berdiri di depan pintu kemudian menyanyikan lagu yang ibu kambing tadi ajarkan. Anak kambing merasa aneh dengan kejadian ini. Ia pun membatin bahwa tidak mungkin ibunya yang baru saja pergi tapi tiba-tiba kembali. Suara yang ia dengarkan pun berbeda dari suara ibunya. Ia merasa bimbang mau membukakan pintu atau tidak. Di tengah kebimbangannya, anak kambing memutuskan untuk mengintip lewat celah kecil di bawah pintu. Betapa terkejutnya ia ketika tahu bahwa yang ia lihat bukan sepasang kaki ...

Cerita Pendek untuk Anak "Kisah Badu Si Anak Rajin"

Di suatu desa, hiduplah seorang anak laki-laki bernama Badu yang hanya tinggal bersama ibunya. Pagi itu Badu sedang menggembalakan kambing-kambingnya di padang rumput yang luas. Sembari menunggu kambingnya makan, Badu memnfaatkan waktunya untuk membaca buku di bawah pohon rindang. Kemudian datanglah seorang kakek tua menghampirinya. Kakek tersebut bertanya padanya “Nak, bolehkan kakek menumpang sebentar duduk di pohon ini?” Tentu Badu mempersilahkan kakek tersebut untuk duduk, juga menawarkan minum yang ia bawa. Badu terlihat asyik membaca buku tersebut hingga tidak menyadari jika kakek tadi memperhatikannya. “Kamu tidak sekolah, nak?” tanya si kakek lagi. Dengan raut sedikit sedih ia menjawab kalau dia tidak mempunyai uang untuk sekolah. Buku yang ia baca pun hanya pinjaman temannya. Badu juga bercerita kepada kakek kalau ia ingin sukses suatu hari nanti sehingga bisa membahagiakan ibunya. Melihatnya yang tetap semangat belajar dan tidak menyerah pada keadaan membuat kakek t...