Langsung ke konten utama

PENG. ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS



PENGANTAR ANIMASI dan DESAIN GRAFIS





       Dosen       :           Muhammad Firdaus
       Nama        :           Nur Asmawati Fajriani Azis
       NPM         :           15115171
       Kelas        :           3KA13

UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI ATA 2017/2018



PENGERTIAN ANIMASI
Animasi berasal dari bahasa inggris “animate” = menghidupkan, dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah menjadi hidup/ bergerak.
Secara umum Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Animasi (Animation) adalah rangkaian proses di mana setiap frame dari sebuah film diproduksi satu per satu. Animation Character adalah satu aspek khusus dalam proses pembuatan animasi. Hal ini seperti menciptakan mahkluk hidup.
Jenis – jenis animasi, dilihat dari teknik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 4 yaitu :
1)     Animasi Tradisional (traditional Animation 2D)
Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel Animation karena pada awalnya tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid tranparent yang sekilas mirip dengan transparansi OHP. Cel Animation kemudian juga disebut 2D Animation.

2)     Animasi stop-motion (stop motion Animation)
Stop-motion Animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect.

3)     Animasi Komputer (computer graphics Animation 2D & 3D)
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dikomputer. Keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 2 maupun 3 dimensi. Sebagai  contoh adalah pada film animasi buatan Pixar. Pada film ini karakter yang tampil begitu real dan terlihat mempunyai kemampuan gerak yang hampir menyamai gerakan manusia.

4)     Kombinasi Animasi
1.  Kombinasi 2D & 3D yaitu penggabungan teknik Animasi 2D dengan 3D. Sebagai contoh adalah pada film The Road to Eldorado, Titan.
2.  2D & Live Shot yaitu penggabungan teknik Animasi 2D dengan Live Shot. Sebagai contoh pada film Space Jam, Osmosis Jones.
3.  3D & Live Shot yaitu penggabungan teknik Animasi 3D dengan Live Shot. Sebagai contoh pada film Jurasic Park, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

2D ANIMATION
Dua jenis animasi 2D:  
1)     Tween animation : Berdasarkan pada perubahan yang terjadi antara satu frame dengan frame berikutnya.
2)     Path animation : Pergerakan sebuah objek gambar sepanjang pola yang telah ditetapkan pada suatu frame.

3D ANIMATION
Animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dikomputer. 3D animasi membutuhkan proses yang relatif lebih sederhana dibandingkan 2D animasi (cel Animation) karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu computer software.
Secara garis besar proses 3D animasi bisa dibagi 4 tahap yaitu:
1)     Modeling
Tahap ini adalah pembuatan objek-objek yang dibutuhkan pada tahap animasi. Objek ini bisa berbentuk objek primitif seperti sphere (bola), cube (kubus) sampai objek lengkap seperti sebuah karakter dan sebagainya. Ada beberapa jenis pembuatan materi objek yang disesuaikan dengan kebutuhannya yaitu:
1. Polygon
2. Spline
3. Metaclay

2)     Animating
Proses animasi dalam animasi komputer tidak membutuhkan sang animator untuk membuat inBetween seperti yang dilakukan dalam tradisional animasi. Sang animator hanya menentukan/membuat Aligment-Aligment pada objek yang akan digerakkan. Setelah proses keyframing dibuat, komputer akan menghitung dan membuat sendiri inBetween secara otomatis.

3)     Texturing
Proses ini menentukan karakterisik sebuah materi objek dari segi Texture/ kulit.
Untuk materi sebuah objek itu sendiri, bisa diaplikasikan properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk membuat berbagai variasi pola warna, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan objek secara lebih detail.

4)     Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modelling, animasi, texturing, dan pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output video.

Software Animasi :
Adobe Flash CS4 , Adobe After Effects CS4 , CoffeeCup GIF Animator , Ulead GIF Animator 5 , 3d Blender , Maya , 3d Studio Max , dan Rhinoceros.

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis; desain informasi; dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs aiga.com mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen  seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pekerjaan desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.
Contoh konkret dalam media publikasi tercetak adalah brosur, surat kabar (koran, majalah, tabloid, newsletter, buletin), poster, kalender, buku, jurnal, iklan cetak, stiker, sampul CD atau kaset dan lain sebagainya. Maka desainer grafis sesungguhnya dapat bekerja di mana saja, sejauh ia dibutuhkan membuat sebuah tampilan visual.

Elemen-elemen Desain Grafis
Desain grafis sebagai seni dekat dengan apa yang kita sebut sebagai keindahan (estetika). Untuk menghasilkan karya visual desain grafis yang menarik dan bernilai seni, pemahaman terhadap elemen-elemen atau unsur-unsur dasar desain grafis adalah wajib. Adapun elemen-elemen desain grafis sebagai berikut:
1.     Garis
2.     Bentuk
3.     Ruang
4.     Tekstur
5.     Warna

Prinsip-prinsip Desain Grafis
Dalam bekerja desainer grafis harus mempertimbangkan berbagai prinsip demi mencapai hasil akhir yang baik. Adapun prinsip-prinsip desain grafis adalah sebagai berikut:
1.     Kesederhanaan
2.     Keseimbangan
3.     Kesatuan
4.     Penekanan (aksentuasi)
5.     Irama (repetisi)  

Software Desain Grafis
Desktop Publishing : Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, CorelDraw, GIMP, Inkscape, dan Macromedia Freehand
Webdesign : Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dan Notepad
Audiovisual : Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, dan Adobe Flash
Rendering 3 Dimensi : 3D StudioMax, Maya, AutoCad


Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pendek untuk Anak "Anak Kambing yang Cerdik"

Dikisahkan ada sebuah keluarga kambing yang hidup di hutan. Pada suatu ketika, ibu kambing akan pergi ke suatu tempat dan berpesan kepada anaknya untuk tidak membuka pintu untuk orang lain. Ibu kambing mengajari anaknya sebuah lagu agar si anak tidak salah mengenali. Jika ibu yang datang maka didepan pintu akan ada yang menyanyikan lagu tersebut. Tanpa mereka sangka, ada seekor serigala yang ikut mendengarkannya. Sesaat setelah ibu kambing pergi, datanglah seekor serigala yang lapar itu. Ia berdiri di depan pintu kemudian menyanyikan lagu yang ibu kambing tadi ajarkan. Anak kambing merasa aneh dengan kejadian ini. Ia pun membatin bahwa tidak mungkin ibunya yang baru saja pergi tapi tiba-tiba kembali. Suara yang ia dengarkan pun berbeda dari suara ibunya. Ia merasa bimbang mau membukakan pintu atau tidak. Di tengah kebimbangannya, anak kambing memutuskan untuk mengintip lewat celah kecil di bawah pintu. Betapa terkejutnya ia ketika tahu bahwa yang ia lihat bukan sepasang kaki ...

ANALISA WEBSITE LAZADA INDONESIA

TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI ‘Analisa Website Pada Perusahaan Lazada Indonesia’ Disusun Oleh : Nur Asmawati Fajriani Azis (15115171) Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Penulisan makalah ini tentang “Analisa Website Pada Perusahaan Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) ” yang merupakan tugas individu dari mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi yang diajarkan oleh Ibu Yuli Maharetta Arianti pada semester 4 pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Keberhasilan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Yuli Maharetta Arianti selaku dosen ...

Cerita Pendek untuk Anak "Kisah Badu Si Anak Rajin"

Di suatu desa, hiduplah seorang anak laki-laki bernama Badu yang hanya tinggal bersama ibunya. Pagi itu Badu sedang menggembalakan kambing-kambingnya di padang rumput yang luas. Sembari menunggu kambingnya makan, Badu memnfaatkan waktunya untuk membaca buku di bawah pohon rindang. Kemudian datanglah seorang kakek tua menghampirinya. Kakek tersebut bertanya padanya “Nak, bolehkan kakek menumpang sebentar duduk di pohon ini?” Tentu Badu mempersilahkan kakek tersebut untuk duduk, juga menawarkan minum yang ia bawa. Badu terlihat asyik membaca buku tersebut hingga tidak menyadari jika kakek tadi memperhatikannya. “Kamu tidak sekolah, nak?” tanya si kakek lagi. Dengan raut sedikit sedih ia menjawab kalau dia tidak mempunyai uang untuk sekolah. Buku yang ia baca pun hanya pinjaman temannya. Badu juga bercerita kepada kakek kalau ia ingin sukses suatu hari nanti sehingga bisa membahagiakan ibunya. Melihatnya yang tetap semangat belajar dan tidak menyerah pada keadaan membuat kakek t...